Share and Enjoy it...

Wednesday, July 9, 2014

Definisi Humas

Definisi Humas

- Humas: fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap publik, mengidentifikasi kebijaksanaan dan prosedur individu atau organisasi berdasarkan kepentingan publik, & menjalankan program tindakan untuk mendapatkan pengertian serta penerimaan. (PR News)

- Alat-Alat Humas
* Advertising: informasi yang ditempatkan di media massa dengan membayar ruang & waktu.
* Publicity: penyediaan informasi di media massa karena memiliki nilai berita.
* Press Agentry: penciptaan berita & peristiwa yang bernilai berita untuk menarik perhatian media massa & publik.
* Public Affairs: bagian khusus Humas yang membangun & mempertahankan hubungan dengan pemerintah dalam rangka mempengaruhi kebijakan publik.
* Lobbying: usaha untuk memelihara hubunngan, terutama mempengaruhi penyusunan UU & regulasi.
* Promotion: aktivitas/peristiwa yang direncanakan untuk menjamin dukungan/pengakuan tentang diri seseorang, produk, lembaga, gagasan.
* Management Issue: proses pro aktif dalam mengantisipasi, mengidentifikasi, mengevaluasi & merespon isu-isu kebijakan publik yang mempengaruhi hubungan organisasi dengan publik.

- Unsur-unsur dasar Humas
1. Filsafat manajemen yang bersifat sosial
# meletakkan kepenetingan masyarakat dulu berkaitan dengan perilaku organisasi.
# memelihara keseimbangan keuntungan yang adil bagi semua kelompok.
2. Suatu pernyataan tentang filsafat dalam keputusan kebijaksanaan.
# penciptaan kebijaksanaan yang meliputi sejumlah fungsi, yang merupakan tanggung jawab manajemen. Keputusan kebijaksanaan akan mencerminkan kepentingan publik dari organisasi.
# perlunya saran & perencanaan serta pengkomunikasian yang memenuhi syarat.
3. Tindakan akibat kebijaksanaan
# ungkapan dalam bentuk tindakan yang sesuai dengan kebijaksanaan. Program yang jelas dimana perusahaan terlibat dalam berbagai jenis pekerjaan.
# kebijaksanaan setiap bagian perusahaan diarahkan untuk memelihara kepuasaan hubungan dengan satu atau lebih publik tertentu. Membantu para ekskutif sebagai penasehat lini dipengoperasian & mengimplementasikan kebijaksanaan perusahaan.
4. Komunikasi dua arah yang menunjang ke arah penciptaan kebijaksanaan untuk kemudian dijelaskan, diumumkan, mempertahankan & mempromosikan kepada publik sehingga memperoleh saling pengertian & itikad baik.
# pelaksanaan komunikasi dua arah (two way communications). Mendengarkan opini publik & mengevaluasi serta mempertimbangkan kemungkinan untuk mengubah sifat, pendekatan, penekanan, setiap kebijaksanaan.

English Version
Definition of Public Relation

No comments:

Post a Comment