Share and Enjoy it...

Friday, July 11, 2014

Kampanye

Pengertian
1. Serangkaian kegiatan komunikasi yang terorganissi dengan tujuan untuk menciptakan dampak tertentu terhadap sebagian besar khalayak sasaran secara berkelanjutan dalam periode waktu tertentu. (Rogers & Storey)
2. Koordinasi berbagai perbedaan metode komunikasi yang memfokuskan pada permasalahan tertentu & sekaligus cara pemecahannya dalam waktu tertentu. (Rajasundaram).

Jenis-jenis Kampanye
1. Product - Oriented Campaigns
berorientasi pada produk , dilakukan dalam kegiatan komersial kampanye promosi pemasaran peluncuran produk baru.
2. Candidate - Oriented Campaigns
berorientasi bagi calon (kandidat) untuk kepentingan kampanye politik.
3. Ideological or Cause - Oriented Campaigns
berorientasi yang bertujuan bersifat khusus & berdimensi perubahan sosial.

Strategi Kampanye
1. Pesan harus menarik perhatian
2. Pesan dirumuskan melalui lambang yang mudah dipahami
3. Pesan menimbulkan kebutuhan pribadi.
4. Pesan menimbulkan yang dapat dipenuhi sesuai situasi & kondisi.

Strategi Penulisan Berita
1. Strategy of publicity
kampanye untuk penyebaran pesan melalui proses publikasi suatu berita melalui kerjasama dengan berbagai media massa.
2. Strategy of persuation
kampanye untuk membujuk atau menggalang masyarakat melalui teknik sugesti/persuasi untuk mengubah opini publik dengan mengangkat segi emosional dari suatu cerita, artikel, berlandaskan humanity interest.
3. Strategy of Argumentation
untuk mengantisipasi berita negatif yang kurang menguntungkan (negative news), kemudian dibentuk berita tandingan yanng mengemukakan argumentasi yang rasional agar opini publik tetap dalam posisi yang menguntungkan.
4. Strategy of image
strategi pembentukan berita yang positif dalam publikasi untuk mejaga citra lembaga atau organisasi termasuk produknya.

Publisitas Dalam Berkampanye
1. Nilai kepercayaan tinggi, melalui artikel, feature, berita, advertorialdi berbagai media.
2. Menjembatani Iklan, bisa menjangkau khlayak yang kurang senang dengan dengan, sehingga publisitas dapat menjembatani pihak yang kurang menyukai iklan.
3. Efek mendramatisir, dapat menimbulkan efek mendramatisir dengan perekayasaan cerita melalui berita tentang produk atau perusahaan.

Teknik Berkampanye
1. Partisipasi (Participasing)
teknik yang mengikutsertakan (partispasi)/peran serta komunikasi menarik minat perhatian yang sama kedalam suatu kegiatan kampanye dengan tujuan untuk menumbuhkan saling pengertian, menghargai, kerjasama & toleransi.
2.  Asosiasi (Association)
menyajikan isi kampanye yang berkaitan dengan suatu peristiwa yang ramai dibicarakan & menarik minat perhatian.
3. Integratif (Integrative)
dengan menyatukan diri dengan masyarakat secara komunikatif dengan kata-kata seperti, "kami, kita, anda sekalian" yang berkepentingan untuk semua khalayak ramai.
4. Ganjaran (Pay off technique)
untuk mempengaruhi masyarakat dengan suatu ganjaran atau menjanjikan sesuatu dengan iming-iming hadiah.
5. Penataan Patung Es (Icing technique)
upaya menyampaikan pesan sehingga enak dilihat, didengar, dibaca serta dirasakan.
6. Empati (Empathy)
dengan menempatkan diri dalam posisi khalayak ramai.
7. Koersif (Coersion technique)
lebih menekankan suatu paksaan yang menimbulkan ketakutan, kekhawatiran bagi khalayak ramai.

Materi & Isi Kampanye
1. Tema > topik (isu yang diangkat)
2. Tujuan
3. Program/ perencanaan acara
4. Sasaran yang akan dicapai

No comments:

Post a Comment