Saarah Kurniawati
16612764
3 sa 01
Komunikator
Menurut
Wikipedia, komunikator ialah seorang pihak yang bertindak sebagai pengirim
pesan dalam sebuah proses komunikasi. Komunikator juga merupakan seseorang atau
sekelompok orang yang berinisiatif untuk menjadi sumber dalam sebuah hubungan.
Peran seorang komunikator tidak hanya menyampaikan pesan kepada penerima, namun
juga memberikan respon dan tanggapan, serta menjawab pertanyaan dan masukan
dari si penerima. Untuk menjadi seorang komunikator yang baik, terdapat
beberapa hal yang perlu dipahami yakni seorang komunikator yang baik perlu
menyusun dengan baik isi pesan yang akan disampaikan, sehingga pesan tersebut
mudah dimengerti oleh pihak penerima. komunikator yang baik akan bertanggung
jawab memberikan tanggapan terhadap umpan balik (feedback) yang disampaikan
oleh pihak penerima (receiver).
Pesan
Keunikan
pesan jelas berdampak pada proses berkomunikasi, tetapi banyak ahli komunikasi
sepakat bahwa “maknanya tergantung pada orang, bukan kata-kata pesannya”.
Keunikan pesan dapat menghasilkan efek yang kuat, walaupun mungkin tidak dapat
dijelaskan dengan penjelasan berdasarkan sebab-akibat langsung. Orang yang
berbeda menerima pesan yang sama mungkin menafsirkannya secara berbeda, member
makna yang berbeda, dan bereaksi dengan cara yang berbeda.
Channel dan Saluran
Teknologi
baru untuk menyampaikan pesan telah menentang pandangan lama. Komunikasi tatap
muka adalah metode pertukaran informasi yang paling langsung, kuat dan paling disukai.
Berbeda dengan komunikasi massal, komunikasi interpersonal(antar-orang) hanya
melibatkan dua orang komunikator menggunakan banyak indra, dan bisa langsung
ditanggapi. Kedekatan fisik bsa jadi kurang penting ketimbang sifat dari
hubungan antar komunikator, yang oleh para sarja dinamakan “fenomen kedekatn
mengatasi jarak”. Komunikasi impersonal ketika orang tukar-menukar bisa menjadi
komunikasi interpersonal saat komunikator mulai menjalin huungan.
Komunikasi
Komunikasi
adalah proses timbal balik pertukaran sinyal untuk member informasi, membujuk,
atau member perintah, berdasarkan makna yang sama dan dikondisikan oleh konteks
hubungan para komunikator dan konteks sosialnya. Komunkasi biasanya merupakan
komponen yang lebih tampak berfungsi untuk menginterpretasikan dan mendukung
dan mendukung strategi aksi. Konsep komunikasi yang relevan yang berfungsi
sebagai landasan.
Efek
Menciptakan
persepsi tentang dunia di sekitar kita, komunikasi massa berperan sebagai
pemberitahuan kepada kita tentang peristiwa, sesuatu, orang, dan tempat yang
tidak bisa kita jumpai secara langsung.
Menentukan
agenda, komunikasi massa dapat memengaruhi opini public dengan cara menonjolkan
isu dan pandangan yang dianut orang dan kelompok.
Penyebaran
informasi dan inovasi, media massa menyediakan informasi kepada mereka yang
mencarinya, dan menyediakan informasi yang diperlukan untuk komunikasi
interpersonal selanjutnya, dan karenanya menyebarkan informasi itu ke orang
lain.
Faktor yang diperhatikan dalam
proses komunikasi
Empat
tahap proses komunikasi menurut Cutlip dan Center, yaitu:
–
pengumpulan fakta
–
Perencanaan
–
Komunikasi
–
Evaluasi
No comments:
Post a Comment