Share and Enjoy it...

Sunday, March 22, 2015

Unsur-unsur komunikasi

Saarah Kurniawati
16612764
 3 sa 01


Komunikator

Menurut Wikipedia, komunikator ialah seorang pihak yang bertindak sebagai pengirim pesan dalam sebuah proses komunikasi. Komunikator juga merupakan seseorang atau sekelompok orang yang berinisiatif untuk menjadi sumber dalam sebuah hubungan. Peran seorang komunikator tidak hanya menyampaikan pesan kepada penerima, namun juga memberikan respon dan tanggapan, serta menjawab pertanyaan dan masukan dari si penerima. Untuk menjadi seorang komunikator yang baik, terdapat beberapa hal yang perlu dipahami yakni seorang komunikator yang baik perlu menyusun dengan baik isi pesan yang akan disampaikan, sehingga pesan tersebut mudah dimengerti oleh pihak penerima. komunikator yang baik akan bertanggung jawab memberikan tanggapan terhadap umpan balik (feedback) yang disampaikan oleh pihak penerima (receiver).

Pesan

Keunikan pesan jelas berdampak pada proses berkomunikasi, tetapi banyak ahli komunikasi sepakat bahwa “maknanya tergantung pada orang, bukan kata-kata pesannya”. Keunikan pesan dapat menghasilkan efek yang kuat, walaupun mungkin tidak dapat dijelaskan dengan penjelasan berdasarkan sebab-akibat langsung. Orang yang berbeda menerima pesan yang sama mungkin menafsirkannya secara berbeda, member makna yang berbeda, dan bereaksi dengan cara yang berbeda.


Channel dan Saluran

Teknologi baru untuk menyampaikan pesan telah menentang pandangan lama. Komunikasi tatap muka adalah metode pertukaran informasi yang paling langsung, kuat dan paling disukai. Berbeda dengan komunikasi massal, komunikasi interpersonal(antar-orang) hanya melibatkan dua orang komunikator menggunakan banyak indra, dan bisa langsung ditanggapi. Kedekatan fisik bsa jadi kurang penting ketimbang sifat dari hubungan antar komunikator, yang oleh para sarja dinamakan “fenomen kedekatn mengatasi jarak”. Komunikasi impersonal ketika orang tukar-menukar bisa menjadi komunikasi interpersonal saat komunikator mulai menjalin huungan.

Komunikasi

Komunikasi adalah proses timbal balik pertukaran sinyal untuk member informasi, membujuk, atau member perintah, berdasarkan makna yang sama dan dikondisikan oleh konteks hubungan para komunikator dan konteks sosialnya. Komunkasi biasanya merupakan komponen yang lebih tampak berfungsi untuk menginterpretasikan dan mendukung dan mendukung strategi aksi. Konsep komunikasi yang relevan yang berfungsi sebagai landasan.

Efek

Menciptakan persepsi tentang dunia di sekitar kita, komunikasi massa berperan sebagai pemberitahuan kepada kita tentang peristiwa, sesuatu, orang, dan tempat yang tidak bisa kita jumpai secara langsung.
Menentukan agenda, komunikasi massa dapat memengaruhi opini public dengan cara menonjolkan isu dan pandangan yang dianut orang dan kelompok.
Penyebaran informasi dan inovasi, media massa menyediakan informasi kepada mereka yang mencarinya, dan menyediakan informasi yang diperlukan untuk komunikasi interpersonal selanjutnya, dan karenanya menyebarkan informasi itu ke orang lain.

Faktor yang diperhatikan dalam proses komunikasi
Empat tahap proses komunikasi menurut Cutlip dan Center, yaitu:
– pengumpulan fakta
– Perencanaan
– Komunikasi

– Evaluasi

No comments:

Post a Comment