Pentingnya
Komunikasi
Komunikasi ialah sumber kehidupan bagi setiap
organisasi dan merupakan kunci sukses dalam berkarir atau berbisnis dan kehidupan
individu. Komunikasi sangat penting untuk salaing menukar informas, ide,
rencana, usul untuk membuat keputusan. Ada dua jenis jalur komunikasi, yaitu
jalur komunikasi internal, yakni komunikasi yang di dalamnya sangat penting
untuk kelancaran jalannya organisasi. Komunikasi internal ini dapat memotivasi
para pegawai agar bekerja lebih efisien. Yang kedua ialah komunikasi eksternal.
Jenis komunikasii ini diperlukan untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang
berada dilingkungan pekerjaan, seperi relasi, langganan, konsumen atau
masyarakat umum. Komunikasi eksternal ini memiliki daya jangkau jarak jauh,
yang akan menciptakan nama baik, dan masyarakat dapat melihat reputasi dengan
baik. Melalui berbagai cara dan kegiatan, seperti promosi diberbagai media,
menyebarkan pamphlet dsb akan membuat reputasi bagi sebuah organisasi dikenal
baik dihati masyarakat.
Pengertian Komunikasi
Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian dan
penerimaan berita atau informasi dari seseorang ke orang lain. Komunikasi erat
hubungannya dengan persepsi. Persepsi ialah sebuah proses pengalaman dan
pengetahuan yang dialami oleh setiap orang didalam memahami informasi tentang
lingkungannya baik lewat penglihatan, pendengaran, penghayatan, perasaan dsb.
Penerapan
Komunikasi dalam Dunia Bisnis
Salah satu faktor yang paling penting dalam berkomunikasi
di dunia bisnis ialah adanya hubungan baik antara pimpinan dengan bawahan. Cara
untuk mendapatkan hubungan baik dengan mengadakan pertemuan-pertemuan,
berbicara melalui telepon, mengirim surat, berbicara langsung, pemberian
laporan, pemberian petunjuk, dan pemberian perintah. secara garis besar,
komunikasi dibedakan dua macam, yakni komunikasi vertical dan komunikasi horizontal.
Komunikasi vertical berarti proses penyampaiannya dari pihak pimpinan kepada
pegawai atau sebaliknya. Komunikasi vertical dibedakan pula atas komunikasi ke
bawah dan komunikasi ke atas. Komunikasi ke bawah bertujuan untuk menjamin
hubungan yang baik antara pimpinan dan bawahan. Sedangkan, komunikasi ke atas
diwujudkan dengan pemberian laporan-laporan oleh bawahan kepada atasan. Sementara
itu, komunikasi horizontal bermaksud menjamin hubungan yang baik antara pimpinan
yang setingkat dan diwujudkan dengan mengadakan pertemuan secara berkala.
Komunikasi dalam Organisasi
Ada 3 arah dalam berkomunikasi di dalam organisasi,
yakni komunikas vertical dari atas ke bawah; komunikasi dari bawah ke atas; dan
komunikasi horizontal. Fungsi komunikasi dalam organisasi yaitu: fungsi
intergratif, bertujuan untuk menjaga kesatuan individy serta bagian-bagian
dalam organisasi; fungsi interaktif, bertujuan untuk menjaga pertukaran informasi
pendapat dan sikap agar individu dapat menyesuaikan diri baik antar sub sistem
dalam organisasi ataupun dengan lingkungan.
No comments:
Post a Comment