Share and Enjoy it...

Tuesday, April 28, 2015

Komunikasi dalam bisnis


   Pentingnya Komunikasi
Komunikasi ialah sumber kehidupan bagi setiap organisasi dan merupakan kunci sukses  dalam berkarir atau berbisnis dan kehidupan individu. Komunikasi sangat penting untuk salaing menukar informas, ide, rencana, usul untuk membuat keputusan. Ada dua jenis jalur komunikasi, yaitu jalur komunikasi internal, yakni komunikasi yang di dalamnya sangat penting untuk kelancaran jalannya organisasi. Komunikasi internal ini dapat memotivasi para pegawai agar bekerja lebih efisien. Yang kedua ialah komunikasi eksternal. Jenis komunikasii ini diperlukan untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang berada dilingkungan pekerjaan, seperi relasi, langganan, konsumen atau masyarakat umum. Komunikasi eksternal ini memiliki daya jangkau jarak jauh, yang akan menciptakan nama baik, dan masyarakat dapat melihat reputasi dengan baik. Melalui berbagai cara dan kegiatan, seperti promosi diberbagai media, menyebarkan pamphlet dsb akan membuat reputasi bagi sebuah organisasi dikenal baik dihati masyarakat.

    Pengertian Komunikasi
Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian dan penerimaan berita atau informasi dari seseorang ke orang lain. Komunikasi erat hubungannya dengan persepsi. Persepsi ialah sebuah proses pengalaman dan pengetahuan yang dialami oleh setiap orang didalam memahami informasi tentang lingkungannya baik lewat penglihatan, pendengaran, penghayatan, perasaan dsb.


    Penerapan Komunikasi dalam Dunia Bisnis
Salah satu faktor yang paling penting dalam berkomunikasi di dunia bisnis ialah adanya hubungan baik antara pimpinan dengan bawahan. Cara untuk mendapatkan hubungan baik dengan mengadakan pertemuan-pertemuan, berbicara melalui telepon, mengirim surat, berbicara langsung, pemberian laporan, pemberian petunjuk, dan pemberian perintah. secara garis besar, komunikasi dibedakan dua macam, yakni komunikasi vertical dan komunikasi horizontal. Komunikasi vertical berarti proses penyampaiannya dari pihak pimpinan kepada pegawai atau sebaliknya. Komunikasi vertical dibedakan pula atas komunikasi ke bawah dan komunikasi ke atas. Komunikasi ke bawah bertujuan untuk menjamin hubungan yang baik antara pimpinan dan bawahan. Sedangkan, komunikasi ke atas diwujudkan dengan pemberian laporan-laporan oleh bawahan kepada atasan. Sementara itu, komunikasi horizontal bermaksud menjamin hubungan yang baik antara pimpinan yang setingkat dan diwujudkan dengan mengadakan pertemuan secara berkala.

      Komunikasi dalam Organisasi
Ada 3 arah dalam berkomunikasi di dalam organisasi, yakni komunikas vertical dari atas ke bawah; komunikasi dari bawah ke atas; dan komunikasi horizontal. Fungsi komunikasi dalam organisasi yaitu: fungsi intergratif, bertujuan untuk menjaga kesatuan individy serta bagian-bagian dalam organisasi; fungsi interaktif, bertujuan untuk menjaga pertukaran informasi pendapat dan sikap agar individu dapat menyesuaikan diri baik antar sub sistem dalam organisasi ataupun dengan lingkungan.

No comments:

Post a Comment